Pesta di depan Rumah

Categories Uncategorized



Mpok Mumun, tetangga di depan kontrakan kami Sabtu kemarin akhirnya menjadi seorang mertua. Gambar ini bukanlah di gedung pertemuan atau aula, tetapi persis di depan rumah kami.

ck..ck..ck..
“luar biasa” dalam hatiku, kenapa? perhatikan pelaminan itu, itu adalah teras depan tetangga kami juga yang djebol pagarnya, supaya bisa pelaminan didudukkan. Jauh dari kesan mewah, tetapi tetap tidak meninggalkan kesan modern. di meja yang satu Makanannya ada rendang dan ikan tuna, di meja yang lain ada bakso, siomay. tak ketinggalan pula ada es kelapa muda.


Petasan?
Seperti orang betawi umumnya, ritual itu tetap ada, namun tidak letusannya tidak sedahsyat yang aku bayangkan. Jujur, sampai sekarang aku masih belum mengerti apa makna petasan itu di setiap Pernikahan pada orang betawi.

Selamat menempuh hidup baru Bang, Mpok.

12 thoughts on “Pesta di depan Rumah

  1. Memang betul mbak, mulai dari Senin lalu udah terlihat kesibukan. Motor kami aja nggak bisa masuk rumah karena di teras rumah kami lagi bikin Janur.

  2. simply but perfect…yang begene ini.. disebut… hemat jimat bermanfaat..pesta besar lah kalian yang didepan rumahnya yaaa…seingatku.. belum ada tetanggaku yang bikin acara di gedung… semuanya di rumah… biasanya kalo sore, kita pasti dapat kiriman makanan… hehehhe

  3. aku juga tahu kak, jarang-jarang di Aceh itu di bikin kawinan di Gedung, tetap make rumah sendiri…paling nggak bikin panggung lah sikit.wah kalau kami nggak ada kiriman makanan tuh, hehehehehe..,,

  4. Pesta di rumah juga mahal huhuhu…pager harus dijebol trus ntar harus dibagusin lagi…tapi enaknya memudahkan akses buat teman2 dan terutama tetangga! kalo dulu aku di rawamangun dibilangnya "kondangan loncat"..bolak2 balik nambah gak ada yang tau hehehe….

  5. hehehe..aku ngambil makanan bang…makannya depan rumahku..abis balik lagi..rame2 gituh. Herannya pesta di rumah tuh makanannya gak abis2 dari siang ampe malem…n emang kadang bubar pesta masih dikirim rantang ke rumah! I love betawi people!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *