Batik Indonesia Dikukuhkan Sebagai Warisan Budaya Dunia

Categories Uncategorized

Treadh ini merupakan tulisan kawan Adhari Suryaputra yang saya ambil dari milis komunitashistoria@yahoogroups.com dan sebagai salah satu bentuk dukungan saya adalah dengan menyebarkan informasi ini kepada teman-teman yang berkunjung ke blog ini. Pada tanggal 2 Oktober 2009 nanti, UNESCO akan mengukuhkan batik Indonesia sebagai Warisan Budaya Dunia (World Heritage). Pengukuhannya memang akan dilakukan di Perancis bulan Oktober nanti, namun pada 28 September 2009 penetapannya sudah akan dirilis. Kabar ini sebenarnya bukan kabar baru karena pemerintah juga telah memberitakannya beberapa waktu lalu. Namun demikian, info ini bisa jadi angin segar di tengah kisruh klaim tari pendet dan sengketa lagu kebangsaan Malaysia.

Akan tetapi, mengapa hingga saat ini (kurang lebih 1 bulan lagi) tidak ada ada gaung dari pemerintah? Mengapa kita tidak menjadikan tanggal 2 Oktober nanti sebagai perayaan nasional, yg siapa tahu bisa kembali membuka mata dunia layaknya pemecahan rekor penyelaman di Bunaken? Tidakkah akan lebih baik jika pada tanggal 2 Oktober itu pemerintah bisa mengadakan Batik Day dan mengajak seluruh warga Indonesia berpartisipasi? Toh tanggal itu jatuh pada hari jumat yg notabene jamak dikenal sebagai hari batik bagi para karyawan.

Kurang greget selalu jadi persoalan di Indonesia. Memang nampaknya bukan hal besar tapi justru salah besar jika kita mengganggap hal kecil sama sekali tidak berguna. Ingat, kita akan lebih dihargai sebagai bangsa besar jika kita menghargai budaya sendiri. Ambil contoh negara2 seperti India, Jepang, China, Korea Selatan atau pun Thailand. Negara2 tsb mempertahankan budaya mereka di tengah modernisasi, dan terbukti ampuh dalam pergaulan antar-bangsa. Mengapa kita tidak bisa, padahal budaya kita jauh lebih kaya daripada mereka??

Jadi, mari berharap pada tanggal 2 Oktober 2009 pemerintah dan bangsa Indonesia akan. ..
– membatikkan negeri ini, dimana semua orang dengan bangganya ke luar rumah dengan mengenakan batik
– menetapkan tanggal 2 Oktober 2009 sebagai Hari Batik Nasional
– mengkampanyekan perlindungan terhadap batik Indonesia, termasuk memperjuang kan perlindungan batik melalui rezim HaKI

Mengapa kita tidak bisa?? Jangan sampai momen istimewa ini terlewat dan dilupakan begitu saja. Karena… masih ingatkah kita kapan UNESCO mengukuhkan wayang kulit dan keris sebagai Warisan Budaya Dunia???

Ayo berikan dukungan anda !!

copied from http://dewa-zildjian.blogspot.com/2009/09/batik-indonesia-dikukuhkan-sebagai.html

25 thoughts on “Batik Indonesia Dikukuhkan Sebagai Warisan Budaya Dunia

  1. Di sekolah saya batik HANYA di kenakan di hari rabu dan kamis saja. Meski kecintaan terhadap batik lmyn besar, saya juga mengenakan batik di acara tertentu, seperti : Pernikahan, sekolah, ke organisasi / lembaga resmi, dan banyak lainnya.

  2. Dengan adanya kecintaan terhadap batik maka, di harapkan adanya kesadaran setiap masyarakat Indonesia, mengenai batik sbg warisan budaya Indonesia.

  3. Batik memang harus dan wajib di kukuhkan sebagai warisan budaya Indonesia. Saya teringat dengan suatu negara yang mengakui bahwa batik berasal dari negaranya, padahal ini tidak benar adanya, begitupun dengan kesenian Indonesia seperti reog ponorogo, angklung, tari pendet dan lain-lain.
    Dengan pengakuan Internasional di harapkan negara lain mengakui bahwa batik berasal dari Indonesia.

  4. Saya harap batik makin berkembang, baik itu dari proses pembuatannya yang tetap tradisional menjaga tradisi, namun ada cara modernnya juga. Selain itu batik di aplikasikan dalam beragam benda tidak hanya pakaian, taplak meja, sarung, dsb. Tapi bisa pula pada bantal, selimut, dan lain-lain.

  5. Batik dengan beragam warna, corak / motifnya tidak kalah dengan kain tradisional lainnya. Apalagi bila di buat sesuatu akan meningkatkan nilai tambah pada batik ini.

  6. Semoga batik di cintai dan di akui di seluruh dunia, agar banyak yang mengetahui bahwa batik sebagai warisan budaya bangsa Indonesia.

  7. Batik ialah suatu karya seni yang di dalamnya ada proses panjang pembuatannya, memiliki nilai seni, dan di miliki Indonesia.
    Saya bangga memiliki batik, sbg warisan budaya Indonesia.

  8. Bangganya batik bisa di akui secara resmi sebagai warisan budaya Indonesia, batik juga lebih kaya ragam, rupa dan coraknya sehingga batik bisa di gemari semua kalangan.

  9. Dalam perkembangannya saat ini batik bisa di buat suatu kerajinan cantik, yang bisa di gunakan sehari-hari seperti : Taplak meja, hiasan lampu, baju boneka, bantal, sprei, dan masih banyak lagi.

  10. Menurut sebagian orang ” mengenakan baju batik terkesan sangat formal / resmi, shingga batik sering di pakai sesekali saja saat ada acara tertentu, seperti pernikahan, sekolah, instansi / organisasi, pekerjaan, dsb.

  11. Saya benar-benar setuju.
    Tidak banyak orang tahu mengenai hari jadi batik “Tgl 2 Oktober tsb”. Jadi kita sbg generasi muda penerus bangsa wajib menyampaikan semuanya, pada seluruh warga Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *