Taman Vanda Bandung

Categories Journey

Salah satu sudut kota yang suka saya kunjungi di Bandung adalah Taman Vanda. Letaknya cukup strategis di sebelah Bank Indonesia, berseberang dengan Taman Dewi Sartika Balai Kota Bandung serta Gereja Katedral Bandung.

Sehabis dari acara bookfair di gedung Landmark Braga, saya menyempatkan diri singgah di sini sejenak, mengingat minggu lalu, malam-malam berlalu dengan jam makan malam dan apel malam. Bagi saya adalah sebuah kemewahan dapat duduk-duduk menikmati suguhan air mancur buatan ini.

image

Sungguh sangat diapresiasi inisiatif Pemerintah Kota Bandung menyediakan ruang publik yang nyaman dan indah. Tidak disadari ruang-ruang publik turut melahirkan ide-ide inovatif yang berguna. Paling tidak, ada tempat tempat alternatif bagi warga untuk mewadahi kebutuhan bersosial.

Pertanyaannya, siapa saja yang dapat mengaksesnya? apakah hanya terbatas pada warga yang mampu karena bisa dengan kendaraan ke tempat ini? kedua, apakah warga punya mental untuk merawat keberlangsungannya?

Seringkali kenyataan berbeda dengan harapan. Persoalan  penting mendasar adalah apakah dalam pembuatan fasilitas publik telah melibatkan publik sebagai pemangku kepentingannya? berapa banyak dalam tataran kebijakan dan implementasinya, Pemerintah paling merasa tahu apa yang terbaik buat warganya. Akibatnya, program dapat tidak tepat sasaran.

Terlepas dari itu semua, saya mengucapkan terima kasih. Saya tidak membayar langsung atas fasilitas ini, namun saya dapat menikmatinya.
image

Bandung, 1 Februari 2016

1 thought on “Taman Vanda Bandung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *