Hal yang Dilakukan Saat Ketemu Koneksi Wifi

IMG_20170104_164148

Sejak kapan Anda merasa tidak lagi nyaman dengan kebisingan atas riuhnya pekerjaan? Saya merasakan sejak begitu dekatnya saya dengan teknologi handphone yang terkoneksi dengan internet.

Saya masih ingat, ketika itu laptop pertama saya, Acer – sering dipanjangkan menjadi Agak Cepat Rusak – dapat terhubung ke wifi secara gratis, rasanya hal itu menjadi kemewahan tersendiri di kala belum begitu populernya wifi di area publik, sekitar Tahun 2006. Sekarang, hampir di seluruh tempat umum menyediakannya secara gratis. Dan laptop bukan lagi alat yang menarik untuk berselancar di dunia maya. Telepon genggam saat ini sepertinya menggantikan fungsi-fungsi laptop seperti membuat email, membayar tagihan telepon/listrik, bahkan membaca bukupun bisa dari handphone. Ribuan buku elektronik dapat diunduh atau disalin dengan cepat dan banyak dalam memori handphone.

Okay, apa yang kamu lakukan jika handphonemusedang terhubung dengan wifi di suatu area? Saya berbagi pengalaman saja.

1. Memutakhirkan aplikasi

Saya selalu mengeset supaya aplikasi (android) dalam HP saya agar selalu dimutakhirkan bila terhubung di wifi. Bisa dikatakan cukup banyak aplikasi yang saya instal. Namun tidak ada satupun aplikasi games. Entah kenapa, saya kurang tertarik dengan games di HP.

2. Membackup file

Dengan aplikasi Google photo, saya mengeset juga foto-foto dalam HP agar selalu dibackup bila terhubung wifi. Saya punya pengalaman buruk ketika eksternal hardisk saya hilang dicuri orang. Di dalamnya banyak foto-foto perjalanan saya zaman dulu yang belum dibackup. Minimal saya melakukan upaya preventif, meski resolusi foto yang dibackup tidak sebesar resolusi foto aslinya. Selain itu, saya juga mengeset agar arsip chat di Whatsapp dibackup otomatis saat terhubung ke wifi. Saya pernah terbantu memperoleh kembali arsip percakapan lama saat saya menginstall ulang Whatsapp di HP yang baru.

3. Unggah video ke youtube

Kalau hal ini termasuk baru saya lakukan. Semata-mata untuk backup juga, dan rencana ke depannya untuk mengembangkan video yang berkonten saja yang diunggah, misalnya postingan video rekaman paduan suara. Ke depannya saya pengen mengisi blog ini dengan dokumentasi video.

4. Unduh video

Biasanya banyak grup di Whatsapp, macam-macam video yang dibroadcast teman segrup. Saya mengeset untuk tidak mengunduh video secara otomatis, karena biasanya video tersebut punya kapasitas yang cukup besar dan isinya juga biasanya lucu-lucu aja alias nggak penting-penting amat. Makanya, saya suka mengunduhnya pas ada wifi aja

5. Ngeblog

Nah yang terakhir ini masih merupakan wacana dan rencana. Sebetulnya nggak mesti nunggu wifi yah.

6. Nanya Password
Masukan dari Lae Ferdi di twitter, yang paling pasti itu adalah nanya PASSWORD WIFI. hahaha

 

Lalu apa hubungannya dengan foto di atas? Sama sekali tidak ada. Hahaha