Facebook dimana-mana

Categories Uncategorized

Sekarang lagi ‘demam’nya facebook. popularitas situs pertemanan seperti Friendster, sedang menurun. Belum ada data resmi yang mnunjukkan hal ini, tapi dari pantauan saya secara kasat mata memang menunjukkan hal demikian. Tadinya, ketika Friendster menyediakan blog dalam aplikasinya, banyak orang yang berlomba-lomba mengisi blog. Maklum, saat itu blog menjadi mainan baru. Termasuk juga saya ikut-ikutan latah, wong awalnya saya pinginnya bisa nulis kok, dan tidak perlu ribet buat domain segala.

Dalam perjalanannya, ternyata posting blog di friendster tidak ergonomis, terlalu banyak step-stepnya. Ditambah lagi, saat itu blognya Friendster sangat minim fitur-fiturnya. kemudian, hampir bersamaan muncullah blogger.com atau biasa yang dikenal dengan domain blogspot.com, dan saya pun ikutan punya account-nya walau nggak keurus karena  nggak paham coding html, layoutnya jadi hancur. Padahal sebenarnya itu tidak terlalu penting, harusnya yang penting mengelola content blog itu sendiri, bukan layoutnya.

Sempat ketika memposting di blog FS, banyak yang datang berkunjung dan memberikan komen. Pengunjungnya yang jelas adalah user FS jugalah, dan seingatku dulu kalau kita baru saja memposting blog ke FS, seluruh teman yang ada di Friend List kita akan dikasih tahu lewat email, mungkin ide ini juga yang dilakukan oleh Multiply. Posting di FS tidak berlangsung lama, seingatku postingan terakhir tentang kecelakaan kecil yang kualami di Manggarai sekitar Juni 2007, sebelum akhirnya bertemu dengan multiply.

Lalu bagaimana dengan multiply?
Nah disini saya merasa lebih percaya diri memulai blog karena sudah pernah berkecimpung di dua blog sebelumnya, walau masih bingung awalnya, kira-kira nanti genre-ku seperti apa (gaya banget). Hal yang tidak ada di blogspot maupun FS adalah fasilitas attach file, dimana multiply menyediakan fasilitas upload video, music, image, atau file lain. Sempat aku berencana mengisi multiply dengan foto-foto terbaik karyaku (ciee) dan saudara-saudara bisa menyaksikannya disini  tapi sekarang malah terkendala karena tools untuk memotretnya sedang rusak, dan aku sekarang sedang menabung buat beli yang lebih memadai, hihihihi (ngeles).

Facebook
Awalnya aku pikir, “barang apa sih ini?” apa ini sama aja dengan situs seperti Temanster dan sebagainya, jujur aku skeptis dan tidak memedulikan kalau ada message datang ke inbox-ku yang mau ngajak gabung di FB. Namun berhubung makin santer yang gunain FB, aku jadi latah juga, dan termasuk pengunjung setia, hihihihi. Adikku bilang teknologi FB adalah teknologi baru, dia bilang teknologi ajax (bener nggak sih?), jadi kata adikku sifatnya merefresh page itu pada bagian tertentu saja, jadi misalnya ngasih komen atau isi status, yang direfresh hanya bagian itu, bukan keseluruhan seperti menekan tombol F5.

Confirm or Ignore
Yah..kalau mau banyak kawan, sering-seringlah menekan tombol “confirm” ini, siapa tahu teman-teman yang jadi caleg bisa sekaligus ajang kampanye, hahahaha. Kadang-kadang kita pasif pun, banyak berdatangan “fren rikues” tinggal dipilih-dipilih.Enaknya jadi orang terkenal, bakalan banyak yang nyari-nyari kita untuk dijadikan teman, atau kalau pasang poto yang keren, bakalan dilirik sama user FB yang lain dan selanjutnya ngeklik “Add as Friend.”

Status
kemisteriusan kita menjadi hilang ketika mengisi status ini. Helvry is……bla..bla…bla…

beberapa contoh status sehingga kita menjadi terlacak

baru tersesat di toko perlengkapan bayi…
looking 4 hp samsung w569 unlocked (second)….ada info?

pengen karaoke di bandung hehehe.
sudah di bandara, sudah check-in, alhamdulillah..
Jogja….. I’m coming……..
menuju gambir…
lg di kantor..yeahh.
.

status yang jadi ketauan sipat kita

is males bgt ngapa2in.
is seeeepppp!!!! Bisa setting sndiri, credit to my self :).

is Latihan gamelan.. Singo nebak!
is lembur di kantor…tah’ apa yg dikerjain??

status yang keliatan pamer

Ga punya gula pasir. Beliin dong! Lg pengen teh rasa apel. Huhuhu.
mesti beresin meja…pindah seksi euy.
is mata ngantuk, hidung meler, kepala cenut-cenut, lengkap lah sudah….
Deu, laper.. Makan apa ya..
is pengen jalan jalan… keluar kantor..!
is baru bangun dari tidur panjang.

—————————
masih banyak lagi model-model statusnya, kadang senyum-senyum sendiri…
yah intinya, nih FB lagi booming, yuk rame-ramein. Tapi jangan tinggalin multiply ini yee….

20 thoughts on “Facebook dimana-mana

  1. karena kalau di fs ngga bisa gonta ganti status dan komentarin statusnya.. kalau di mp juga ngga bisa gonta ganti status…truss.. apa lagi yaa?bisa chatting.. cepat.. kayak di facebook.. makanya bisa dikatakan, facebook mengumpulkan semua fasilitas mp,fs, blogger dan ym disatu tempat…hehehe (ikutan kena demamnya)

  2. aku termasuk salah seorang pengguna FB… hehe…jujur emang sih FB lebih bagus dari FS (yah menurut aku ya…) … simple tapi keren… nah kalo di FS suka pusing ngeliat background page nya orang2…. hahahaha…. multiply account udah ada dari 2004 cuman baru aktif di taun 2006… itu pun karena banyak temen disini yg pake mp… hehehhee…. tapi mana pun site yang kita pake gak masalah asalkan kita sebagai user nya merasa nyaman aja …. 🙂

  3. hahahahakuwh juga penggila FB, skrg MP ma FS jd terkapar alias jarang keurus,secara fitur FB emang well-organized, tidy, and free from unwanted things, no virus, good secureakuwh suka bgt notification'y, akuwh jadi tau ada yg comment di wall akuwh apa ga??ada yg comment status-kuwh apa ga, ada yg krm msg appa ga, ada yg comment photokuh apa g, lengkap bgt dech, dan bener banget FB ittu perpaduan MP, FS, YM dan MailFB keren bgt keren..but u/ urusan nge-Blog akuwh jagoin MP dech..

  4. @ mbuulu: pertamax juga lagi turun bro…(nyambung ngga ya)@bro13borneo: wah..kaak tahu deh, yang punya siapa, yang jelas katanya pemiliknya menjadi orang terkaya.@cici: add facebooknya dong kak…hehehehe..@leila: wah kalau masalah lama..tidak usah heran mbak…banyak yang akses…kecuali kalau ngetiknya m.facebook.com, mungkin lebih cepat..@ombolot: wah..asyik kalau punya domain sendiri, mau juga sih…@teh nyai: kayaknya blogspot deh, aku juga kebanjiran order request nih, hahaha@teh winda: wabah apaan? kagak pernah online juga, :P@cahyo: yang FS-nya jangan ditutup dulu mas..hehehe…@ridhoanova: teteup MP ya mbak, hehehehe@putri: bener, yang penting kita sebagai user pakai yang nyaman ajalah, orang gratis ini kok. Masa gratis aja protes…hehehe…udah di Indonesia lagi yah?@risariska: memang secara umum agak mirip MP dengan Facebook, erutama dari sisi update comment-nya.

  5. @ mbak Imel: yah namanya juga dunia maya mbak, sampai kepanpun akan tetap merasa tidak dirumah sendiri, hihihihi@doly: sorry ya dol, tanpa seizin yang punya, main paste ajah, hehehe..peace…@narikain: yuk ketemuan di FB@nope: FS kalah pamor? kayakya deh, hehehe (maap-maap buat yang FS mania)narikain: FS masih tetap hidup kok (tapi dari tadi belum ada yang dukuung, hehehe)..Peace…

  6. pertamax….yg ini ngakus pulak…, kalo aq pesbuk n fs skedar ada aja, semacam ktp di dunia maya…fs ku lagi,,, kurasa dah banyak tumbuh lalang²nya…. jarang di perhatiin sih..karena..lagi asik ngaskus sekarang Mantap Gan salah satu kata yg sring di pake di kaskus 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *