Pengendara sepeda motor di Jakarta adalah teroris?

Categories Uncategorized

Pagi-pagi buka kompas.com, saya terkejut dengan sebuah judul di paling atasnya.

Pengendara sepeda motor di Jakarta adalah teroris. Hal itu diungkapkan oleh Alvaro Nell (foto di atas), pengendara sepeda yang berkeliling dunia. Salah satu kota yang dikunjunginya adalah di Indonesia adalah Jakarta. Tidak disebutkan dalam artikel tersebut apa alasan-alasan Alvaro Nell sehingga ia berkesimpulan demikian.

Sebagai salah satu pengendara sepeda motor yang ikut mencari sesuap nasi di kota metropolitan ini, kesimpulan di atas tidak punya dasar. Kesemrawutan jalan ibukota adalah tanggung jawab pemerintah provinsi. Bagi saya, pertanyaan dasarnya adalah: Kenapa banyak sepeda motor? karena tidak tersedia angkutan umum yang layak dan murah. Kalaupun mau lebih didalami tindakan pengendara motor yang mana sehingga disimpulkan sebagai teroris? Seharusnya didukung dengan data-data yang valid, misalnya:
Di ruas jalan mana?
Kejadian pukul berapa?
usia pengendara motor?
jenis perilakunya apa? dan sebagainya…

Sayangnya belum ada pernah saya baca penelitian ilmiah yang membahas masalah ini, sehingga hipotesa di atas belum dapat dibuktikan kesahihahnnya. Bukan membela diri, saya merasa tidak pernah berlaku teror terhadap pengguna jalan yang lain, sehingga saya menolak statement di atas.

Peace……..

8 thoughts on “Pengendara sepeda motor di Jakarta adalah teroris?

  1. sabar bro…mgkn yg dimaksudkan si Neil itu….banyak pengendara sepeda motor itu yang gak teratur dijalanan…maklum ajalah karena infrastuktur dan prasarana dinegara kita ini mmg amat sangat semeraut…..,berbeda dengan negara2 lain…..khususnya negara eropa…., mmg temenku juga sewaktu datang ke indo…..sampe stress waktu aku ajak jalan2 dijakarta….karena disana mereka ngak pernah ngalamin seperti dijakarta bro….jadi gak heran mereka ngasih komentar yang bikin kuping panas….hehehehehe……..

  2. hohoho vry just info….image nya itu pinjem di fotoin punya radio motion 97,5 FM di lt 3 kantorku…..hhahha jd tergiur untuk memajang foto yang ada arah penunjuk jalannya di fesbuk….

  3. iya kali ya..maklumlah saya belum pernah ke eropa, jadi nggak bisa ngebandingin perilaku pengendara motor disana dengan di sini,yang jelas, harus tetap damai di jalan, hehehehe

  4. @leila: yah begitulah, gak usah diambil pusing komentarnya ini, selama ini kita aman tenteram kok, hehehehe@endang: ditunggu potonya di facebook yaa, hhehehe

  5. kalo aku mah streetwalker mania…n pelanggan tetap kendaraan umum.Hati-hati ya kalo udah pny kendaraan bermotor, jgn sampai merasa 'memiliki' jalan hanya karena kendaraannya gedhe atau mahal..Karena aku liat kebanyakan yang terjadi adl tambah besar / mahal/kendaraannya, jadi 'menindas' yg di bawahnya..Yg punya motor kurang peduli pada pejalan kaki dengan ngebut, yg punya mobil kurang hati-hati n memenuhi jalan.Yg punya truk/bus lebih seenaknya lagi menjalankan body kendaraannya yg gedhe..lebig gedhe drpd mobil n motor, dst.Jadi, tetap menghargai n jaga 'yg kecil' ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *