Small things

Be faithful in small things because it is in them that your strength lies.

Mother Teresa

Demikian Bunda Teresa mengatakan, apa yang dikatakannya terlihat dari hasil pekerjaannya. Lalu, bagian kecil mana yang bisa saya lakukan? semoga bukan main medsos. Bagian yang saya suka lakukan di kala masih kecil adalah jalan di rel. Setiap minggu kalau mau ke gereja, lebih cepat jalan melalui rel kereta dari belakang rumah Ompung. Kalau melewati jalan besar, terlalu jauh memutar dan memang harus naik becak. Hal lumrah pemandangan di sisi kanan kiri rel adalah kandang babi. Wanginya cukup menembus tiga lapis masker. Ketika menyusuri rel itu dalam Perjalanan dari stasiun Medan ke Stasiun Kualanamu, saya mengingat kembali perjalanan kecil saya kala itu mengepaskan penjejakan kaki ke bantalan kayu.

Perjalanan waktu membawa saya menyusuri rel-rel di tempat lain, yang bahkan tidak pernah saya duga. Termasuk pada gambar di atas, Stasiun Martapura di bagian selatan Pulau Sumatera. Jika menyusuri rel, Bedanya semarang harus mengenakan rompi keselamatan dan harus memperoleh izin dari petugas.

Tapi dulu happy-happy aja, karena masih kecil. Sekarang baru tahu bahaya. Dulu kagak.

Lalu apa hubungannya dengan kutipan Bunda Teresa di atas? Tidak terlalu ada, tapi sambil saya tuliskan ini, saya meresapinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.