Sudut kota

Never put off till tomorrow what you can do today.

© Thomas Jefferson

Yah….. jangan tunda sampai besok, apa yang Anda dapat kerjakan lusa. Bagaimanapun lusa adalah besoknya besok, dan besok adalah kemarinnya lusa. Trus kenapa? Intinya penanda waktu biar segala sesuatu bisa dibuat evaluasi, biar bisa diukur, bisa dinilai, bisa dibandingkan. Karena kalau nggak ada, jadi nggak bisa. Kenapa saya kesambet, mungkin otak saya lagi banyak racun, jadi tampaknya saya perlu sedikit kardio biar tubuh saya memproduksi hormon endorfin.

Jadi saya kembali merekam beberapa sudut, sebagai penanda waktu saja.

  1. Taman Sejarah

Pemandangan langka, ada orang jalan bawa anjingnya. Nggak setiap tempat ramah dengan anjing, tetangga saya contohnya.

2. Sudut jalan Wastukancana

Nama jalan ini mengingatkan saya pada bukunya YB Mangunwijaya, tentang filsafat ruang. Ada teman yang mengkritik, kenapa bangku di trotoar jalan di bandung menghadap ke jalan raya? apa filosofinya? saya mah bodo amat. Hidup saya sudah ruwet. Beliau mungkin belum pernah ke Medan, ntah kekmana rusuhnya jalan raya. Di Lampung, sebagai pejalan kaki, saya pernah tersenggol mobil, dan orangnya tidak merasa bersalah dan minta maaf. Jadi saya tak perlu bersoal dengan jawaban pertanyaan kawan saya itu.

3. Sudut jalan Merdeka

trotoarnya cukup nyeni, dengan ada pengolahan air limbah di sisi kantor walikota Bandung. Cara kerjanya saya tidak paham. Yang jelas, bagian dalam foto ini adalah hulunya yang memproses air kotor, lalu makin ke hilir makin bersih. Pohon Ketapang kencana di trotoarnya apakah akan mengancam menerobos lantai atau jalan, perlu saya pantau kemudian hari.

4. Taman Vanda

Biasanya banyak anak-anak pas lagi ada anak-anak.

5. Gereja Bala Keselamatan

Saya belum pernah masuk ke dalam. Gedung gerejanya seperti motif-motif cross stich. Kelihatan khas gedung Eropa entah abad berapa.

6. Taman Maluku

Sebetulnya saya bingung, kenapa ada nama taman Maluku di seputaran Kodam Siliwangi? Selain itu nama jalannya juga khas Maluku. Jadi teringat, saya terakhir kali ke Ambon belasan tahun lalu, dan satu hal yang saya sesali adalah tidak sempat minum kopi di rumah kopi Jos karena kerjaan yang sokpenting

7. Ganesha Operation Jalan Sumatera

Bagi saya, nama ini bersejarah. Karena nama Ganesha Operation tersohor pada waktu saya SMA, dan salah satunya saya baca cabangnya di jalan Sumatra, Bandung. Entahkah takdir yang membawa, nama yang dulu saya baca di selebaran, saya lihat sendiri gedungnya. Lalu apa istimewanya? ya nggak ada. Cuma ya kok bisa.

8. Taman Saparua

Kadang-kadang saya sempatkan ngafe jalanan. Tanpa pajak restoran dan service charge. Biar nggak kayak orang susah.

9. Taman Bonsir

Ada ketupat. Besok lebaran.

Bandung, 29072020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × five =